g⁶ BATU BASA: TIKUS MERAJALELA
TERIMA KASIH ANDA TELAH MENEMUKAN SITUS BATU BASA, SEMOGA ANDA MENDAPATKAN INFORMASI YANG BERMANFAAT DAN AKURAT

TIKUS MERAJALELA

 
     Untuk Musim Tanam 2014 hampir disemua lokasi disawah Batubasa terserang hama tikus , padahal sebahagian besar masyarakat Batubasa adalah petani yang mengandalkan padi sawah untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Kita sering mendengar pameo bahwa tikus memang biasanya banyak dan berpesta pora disawah pada saat Pemilu. Tapi sekarang ? Walaupun Pemilu sudah lama usai namun 'Mancik'  tetap merajalela . Bahkan dari pengamatan petani pola makan dari tikus kali ini berbeda dari biasanya. Karena biasanya hanya memakan sebahagian rumpun padi dalam setiap sawah tapi sekarang tikus memakan habis sampai tuntas rumpunan padi tersebut kemudian setelah itu baru berpindah ke rumpun padi berikutnya.  Beberapa petani telah mencoba mengatasinya dengan salah satunya  menggunakan TIRAN yaitu alat pemusnah tikus yang mengandung belerang. Penggunaannya dengan membakar ujungnya sehingga mengeluarkan asap yang banyak dan diarahkan kelobang tikus dengan terlebih dahulu kita menutup semua lobang alternatif lainnya.
     Dari berbagai usaha yang dilakukan petani tentu yang tak kalah pentignya adalah  kembali  bertawaqqal dan mengingat Sang Pencipta. Kita koreksi diri atas segala perbuatan dan tindak tanduk kita selama ini yang telah mulai melenceng jauh dari ajaran-ajaran agama. Baik dari segi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara maupun dari segi pengabdian kita sendiri kepada Allah Swt. Boleh jadi ini adalah sebuah pertanda kasih sayang Allah kepada kita sehingga Dia sengaja mengutus tikus kepada kita agar kita menyadari kesalahan kita dan kembali ke jalan yang benar. Semoga..!

Teh Bunga Rosella

Ternyata tumbuhan yang satu ini semakin banyak peminatnya di Indonesia, mungkin karena khasiatnya telah mulai diketahui oleh masyarakat. Baca selengkapnya.