g⁶ BATU BASA: USAHA KERUPUK SANJAI
TERIMA KASIH ANDA TELAH MENEMUKAN SITUS BATU BASA, SEMOGA ANDA MENDAPATKAN INFORMASI YANG BERMANFAAT DAN AKURAT

USAHA KERUPUK SANJAI

     Di Batu basa sekarang memang sedang giat-giatnya membuka berbagai usaha rumah tangga, salah satunya adalah Usaha Kerupuk Sanjai. Sekarang usaha kerupuk sanjai di Batubasa menjamur bagaikan cendawan tumbuh. Dalam kurun waktu satu tahun terakhir ini saja Usaha Kerupuk Sanjai telah berkembang begitu pesat sehingga mencapai angka 20-an pengusaha baru kerupuk sanjai.
Ini sangat mempengaruhi kepada sektor ekonomi di Batubasa, karena dari jumlah pengusaha tersebut membutuhkan 3-5 orang kayawan/rumah produksi, yang artinya Produksi sanjai di Batubasa telah menampung tenaga kerja baru sebanyak 60-100orang atau telah mengurangi jumlah penganggur 60-100orang.  Kayu bakar menjadi barang yang berharga dan punya nilai jual yang tinggi di Batubasa, betapa tidak karena kayu bakar sangat diperlukan dalam proses pengolahan yaitu penggorengan .Selain itu pengusaha transportasi seperti ojek yang mulai sepi penumpang sekarang menjadi sibuk mengantarkan bahan mentah ataupun sanjai masak keberbagai daerah diluar Batu basa. Keuntungan bersih dari masing-masing pengusaha tersebut tersebut tidak kurang Rp150.000 per harinya. 
      Tentu kita berharap agar ada perhatian dari pemerintah agar dapat memberikan bantuan modal dan pembinaan bila dibutuhkan agar produksi sanjai di Batubasa dapat berkembang secara optimal dan mampu bersaing dipasaran lokal atau luar daerah.  Semoga..!

Teh Bunga Rosella

Ternyata tumbuhan yang satu ini semakin banyak peminatnya di Indonesia, mungkin karena khasiatnya telah mulai diketahui oleh masyarakat. Baca selengkapnya.